Minggu, 07 Desember 2008

Gus Dur Serukan Golput Pemilu 2009


19/11/2008 11:41
Djibril Muhammad
INILAH.COM, Jakarta – Ketua Dewan Syuro DPP PKB Abdurrahman Wahid menyerukan seluruh DPW, DPC, dan DPAC PKB untuk memboikot Pemilu 2009. Caranya, dengan tidak mendaftarkan calon-calon anggota legislatif ke KPU setempat dan tidak berkampanye untuk siapapun.
“Dari 420 unit-unit PKB yang ikut menjadi peserta Pemilu 2009, semuanya tidak bersedia ikut Pemilu,” kata Gus Dur, dalam keterangan pers, di gedung PBNU, Jakarta, Rabu (19/11).
Menurut Gus Dur, ada dua alasan atas seruan itu. Pertama, dari dalam PKB, partai itu menurutnya tidak terdaftar sebagai peserta Pemilu 2009, sehingga tidak dapat mendaftarkan calegnya.
“Sementara dari luar PKB menghambat saya menjadi calon presiden. Salah satunya dari parpol-parpol lain, termasuk presiden dan wakil presiden,” ujarnya.
Untuk caleg PKB yang tetap ikut serta dalam pemilu, menurutnya, tidak akan mendapatkan SK darinya. Sedangkan pengurus PKB yang tidak ikut serta dalam pemilu akan mendapatkan SK darinya.
Mengenai potensi massa yang akan ikut golput bersamanya, cucu pendiri Nahdlatul Ulama KH Hasyim Asy’ari ini meyakini, terutama berasal dari Jawa Timur. Hal ini didasarkannya pada Pilgub Jatim lalu, di mana dari 42 juta suara pemilih, 15 juta di antaranya tidak ikut memilih alias golput atas imbaunnya untuk melakukan hal tersebut. [nuz]