Minggu, 07 Desember 2008

Pro Gus Dur


Kita sebagai orang yang cinta dengan beliau bersikap dan berfikir bagaimana gagasan serta ide beliau direalisasikan atau bagaimana kita bisa mengembangkan ide dari gus dur.saya selalu berfikir mengapa bangsa yang begitu kaya dengan SDA dan SDM tapi menjadi negara yang kaya hutang dari mana logika bisa nerima itu kan ndak masuk akal, saya sangat sepakat dengan pemikiran gus dur mengenai kebangsaan, demokrasi serta keagamaan...
1. Kebangsaan: negara indonesia sudah final yaitu negara kesatuan repoblik indonesia jangan diotak-atik untuk dijadikan negara berdasar salah satu agama di indonesia.mengingat bahwa bangsa kita ini terdiri dari beberapa agama dan suku, terus untuk agama islam itu akan mengacu kemana islam arab saudi, islam iran, islam irak atau yang mana lagi? jadi bentuk yang sekarang insyaaloh itu sudah baik dan lebih bermashlahat.
2. Demokrasi: gus dur tetap memberikan keleluasaan bagi setiap insan di indonesia untuk mengembangkan potensi jangan ada lagi pembetasan contao kasus adalah mengenai Aturan Capres biarkan rakyat yang milih jangan dibatasi karena itu adalah bukti dasar dari perkembangan demokrasi, yang mana sebenarnya baru lahir dijaman gus dur.coba pikir bagaimana demokrasi jaman orba semua harus akan susah berkembang bahkan yang bernai beda dengan pemerintah tak segan-segan untuk dipenjarah iya kan!!!
3. Keagamaan: sekali lagi saya sepakat dengan gus dur mengenai kehidupan beragama di indonesia yaitu jangan ada lagi paksaan dalam kehidupan beragama,biarkan perbedaan muncul dan terkoreksi dengan sendirinya oleh kemajuan dan perkembangan pendidikan bangsa kita, saya yakin bahwa perbedaan itu dari tahun ketahun tentu akan bertambah karena sesuai dengan wasiat kanjeng Nabi bahwa umatku nanti akan terpecah-pecah... nah jadikan itu sebagai isyarat agar kita lebih siap untuk menerima perbedaan bukannya berantem.

Semoga saja gus dur sekeluarga diberi kesehatan. amin