Sabtu, 13 Desember 2008

DPW PKB Jatim Ikuti Seruan Gus Dur untuk Golput


SURABAYA - Dewan Syuro Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Jawa Timur, menyatakan akan mengikuti seruan Gus Dur untuk golput dalam pemilihan presiden dan pemilihan legislatif pada pemilu 2009.

"Haram hukumnya untuk memilih pada pilpres 2009," ujar Fuad Amin Ketua Dewan Syuro DPW PKB di sela-sela rapat Dewan Syuro PKB Jatim di Hotel Grand Kalimas Surabaya, Kamis (27/11/2008).

Selain akan golput dalam pilpres, DPW PKB Jatim juga menyerukan agar golput juga untuk pemilihan anggota legislatif tingkat pusat dan tingkat provinsi.

Bahkan DPW PKB Jatim berjanji akan mengosongkan suara pemilih untuk DPR RI dari daerah pemilihan Surabaya dan Sidoarjo karena Muhaimin Iskandar seteru Gus Dur dipilih dari daerah ini.

Bahkan DPW PKB malah malah menyerukan untuk memilih caleg dari partai lain asalkan pro Gus Dur. Namun seruan ini tidak berlaku untuk tingkat kabupaten atau kota.

"Namun untuk tingkat kabupaten atau kota kita masih menganggap penting. Terutama caleg yang pro Gus Dur," ujar Amin.
Untuk mengamankan seruan ini, DPW PKB akan menurunkan para kyai-kyainya ke desa-desa.

Menyinggung kemungkinan islah dengan kubu Muhaimin Fuad menyatakan jika dalam waktu dekat kemungkinan itu tertutup. "Momennya ya muktamar. Kita ini ibarat penumpang kapal yang sedang bersama-sama mengaramkan kapal," ujar Fuad.