Jumat, 19 Desember 2008

Gatara Malang Dideklarasikan

10 Desember 2008 by Dwi Cahya

Malang (GP-Ansor): Malang merespon cepat terbentuknya Gatara (Gerakan Kebangkitan Rakyat) di Jakarta, 3 Desember lalu. Gerakan yang dideklarasikan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu kemarin berdiri di Malang. Namanya Gatara Malang Raya. Gerakan ini berkantor di Jl Raya Singosari, Kecamatan Singosari.

Deklarasi ini sore kemarin dihadiri oleh sejumlah pengurus GP Ansor, garda bangsa, Pengurus Cabang dan Anak Cabang Fatayat Kabupaten Malang, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKAUB) Malang, dan akademisi. Acara deklarasi yang dikemas dialogis itu dihadiri kader setia pendukung Gus Dur se-Malang Raya.

Wakil Sekjen Dewan Koordinasi Nasional Garda Bangsa Hasyim Asya’ri Hamid, yang hadir di acara itu mengatakan, terbentuknya Gatara Malang Raya adalah kali pertama di Indonesia. ”Dari pengajuan yang masuk ke Jakarta, hanya Singosari yang sudah realisasi. Sementara Surabaya, Bali, Lampung, dan Pekalongan, baru akan terbentuk,” kata Hasyim.

Meski sudah dideklarasikan, namun Gatara Malang Raya belum memiliki susunan kepengurusan. Sebab, deklarasi ini dilakukan untuk mengetahui respons masyarakat. Kelak, jika respons masyarakat bagus, maka dengan sendirinya kelengkapan organisasinya akan dibentuk.

Ke depan, guna meraih simpati masyarakat organisasi yang konsen terhadap penegakan hukum dan demokrasi ini membentuk posko pengaduan seputar permasalahan kondisi sosial, politik, dan ekonomi. Salah satunya yang sudah dibentuk adalah posko pengaduan masyarakat. Misalnya melayani pengaduan soal kelangkaan pupuk, pengangkatan guru bantu, dan seputar masalah gerakan penghijauan.

Di dalam Gatara, kata Hasyim, banyak orang-orang yang mumpuni untuk menindaklanjuti semua keluhan itu. ”Salah satunya adalah memangkas komunikasi birokrasi, menjadi langsung ke tingkat pusat,” katanya.

Hasyim menegaskan, Gatara bukanlah partai politik. Namun tidak menutup kemungkinan kelak akan berubah jika masyarakat mengharapkannya.

Terpisah, Hasan Abadi MAP, ketua acara deklarasi, mengatakan Gatara memiliki visi dan misi jelas yakni mewujudkan tatanan masyarakat yang amndiri, sejahtera, menjunjung tinggi hokum, dan hak asasi manusia (HAM). Selain itu, juga toleransi yang bertumpu pada kemajemukan bangsa berdasarkan pancasila dan UUD RI 1945.