Minggu, 07 Desember 2008

Massa PKB Kocar Kacir


INILAH.COM, Jakarta - PKB diperkirakan akan ditinggalkan oleh massanya pada Pemilu 2009. Hilangnya sosok KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sebagai ikon PKB membuat pendukungnya akan pindah ke partai lain.
Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan PKB yang berhak ikut serta dalam Pemilu 2009 adalah PKB kubu Muhaimin Iskandar. Otomatis PKB yang diusung Gus Dur gagal ikut pemilu.
"Bisa saja mereka pilih PPP atau PKNU yang secara tradisionil mempunyai hubungan emosionil dengan Nahdatul Ulama," kata pengamat politik Bachtiar Effendy usai diskusi bertajuk 'Parpol Krisis Tokoh', di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (15/11)
Menurut Bachtiar, jika PKB tidak mencalonkan kembali Ketua Dewan Syuronya (Gus Dur) pada pemilihan presiden mendatang, otomatis suara dari pendukung Gus Dur termasuk para kiai akan pindah kepada calon presiden lainnya.
"Dalam pemilihan presiden mereka bisa diperintahkan milih Yudhoyono dengan pasangannya atau Megawati atau calon ketiga yang diusung oleh poros tengah," jelasnya.
Terkait adanya rencana PKB yang ingin menjaring calon presiden 2009 dengan menggelar konvensi, Bachtiar berpendapat, langkah bagus bagi PKB. "Kalau partai tidak memiliki tokoh yang bisa dicalonkan, saya kira ia akan melakukan itu (konvensi)," ungkapnya.
Rencananya PKB akan menggelar konvensi jika dalam pemilu legislatif PKB memperoleh 20% suara nasional. Faktor inilah yang menurut Bachtiar memicu pendukung PKB memilih presiden dari partai lain.[ren/ana]