Jumat, 16 Januari 2009

Gus Dur Juga Minta Umat Islam Indonesia Bantu Palestina


Irwan Nugroho - detikNews

Jakarta - Pemerintah mengimbau umat Islam di Indonesia untuk memberikan bantuan kepada warga Palestina yang menjadi korban konflik di Jalur Gaza. Ketua Dewan Syuro PKB Abdurrahman Wahid pun mendukung imbauan pemerintah itu.

"Meminta umat Islam di Indonesia untuk memberikan bantuan semampunya untuk rakyat Palestina dari doa (seperti membaca doa qunut nazilah bagi umat Islam), dan bentuk-bentuk bantuan lainnya," ujar Gus Dur dalam keterangan pers yang diterima detikcom, Senin (29/12/2008).

Sebaliknya, Gus Dur meminta umat Islam untuk terus waspada agar tidak terprovokasi oleh pihak-pihak yang berusaha menunggangi isu Palestina ini, yang tujuannya demi kepentingan kelompoknya sendiri.

Gus Dur mengecam segala bentuk dan cara kekerasan dalam menyikapi kebuntuan politik dan penyelesaian konflik di Timur Tengah, khususnya di Palestina. Dia mendesak pihak militer Israel untuk menghentikan serangan dan mundur dari wilayah Palestina (khususnya jalur Gaza).

Menurutnya, pihak-pihak pemerintah di Palestina mulai dari PLO, Otoritas Palestina, dan Fatah di bawah kepemimpinan Presiden Mahmoud Abbas harus tidak berpangku tangan dan membiarkan serangan Israel ini. Apalagi memandang serangan Israel itu hanya sebagai urusan Hamas saja.

"Menuntut agar pihak Hamas meninggalkan cara-cara kekerasan dalam menyikapi konflik Palestina-Israel, agar kaum konservatif Israel tidak menjadikannya sebagai dalih untuk melakukan pembalasan. Hamas perlu kembali pada perjuangan diplomatik dan perundingan bukan dengan jalur kekerasan yang akan menjadikan rakyat Palestina sebagai korban," pungkas Gus Dur.