Jumat, 16 Januari 2009

Koalisi PDIP-PKB Pro-Gus Dur Meluas

Friday, 16 January 2009
SURABAYA (SINDO) – Koalisi yang dibangun antara PDIP-PKB pro-Gus Dur terus meluas. Setelah Kota Surabaya, koalisi antar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) itu akan diagendakan di sejumlah kabupaten/kota.

PKB pro-Gus Dur mengklaim saat ini proses komunikasi secara kultural masih dilakukan antara kader PKB dan PDIP di tingkatan bawah. Mereka menyebutkan, terdapat tiga DPC yang siap untuk diformalkan.“Ada Sidoarjo, Kota Blitar,dan Kabupaten Blitar,” sebut Wahyudin Husein,Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim pro-Gus Dur, kemarin. Selain ketiga DPC itu, kata Wahyudin,sebenarnya masih ada sejumlah DPC lagi yang berpeluang melakukan koalisi.

Meskipun koalisi yang akan dilakukan nanti hanya sebatas koalisi di tingkatan kultural. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jatim Sirmadji membenarkan jika koalisi antara PDIP dan PKB pro-Gus Dur akan terus meluas. Namun, dia menolak membeberkan DPC-DPC mana saja yang berpeluang melakukan koalisi dalam waktu dekat ini. “Nanti saja kalau sudah waktunya,” kata dia.

Sirmadjimerasayakinjika koalisi yang dibangun dengan PKB pro-Gus Dur ini akan membawa pengaruh yang sangat besar terhadap PDIP. Dia juga merasa yakin massa PKB pro-Gus Dur di tingkatan grass root masih sangat besar. Oleh karena itu, koalisi ini diupayakan akan dibangun dari tingkatan bawah. “Kami instruksikan kader dimasing-masing cabang untuk mengkaji kemungkinan koalisi dengan PKB pro Gus Dur,”ujarnya. (deny bachtiar