Jumat, 16 Januari 2009

Menangkan Mega, PDIP dan PKB Gus Dur Berkoalisi


Budi Sugiharto - detikPemilu

Surabaya - PDIP dan PKB sepakat galang kekuatan. Namun, yang dipilih PDIP untuk berkongsi adalah PKB kubu Gus Dur. Sebelum koalisi ini diresmikan ke tingkat nasional, PDIP dan PKB Gus Dur berkoalisi terlebih dulu di Surabaya. Koalisi ini ditargetkan memenangkan Megawati Soekarno Putri sebagai presiden.

Pembicaraan koalisi pro Mega dan pro Gus Dur sudah berlangsung sejak lama. Yenny Wahid, Sekjen DPP PKB Gus Dur, sudah bertemu dengan elit PDIP, seperti Ketua Umum DPP PDIP Megawati, Taufiq Kiemas dan Sekjen DPP PDIP Pramono Anung.

"Kita sudah lama mempunyai ikatan persahabatan dan persaudaraan. Ini yang kita gagas untuk jalan bersama. Bagaimanapun PDIP punya massa yang solid dan Gus Dur punya pengaruh yang masih kuat," kata Pramono Anung kepada wartawan di sela-sela deklarasi PDIP Surabaya dan PKB Pro Gus Dur di RM Taman Sari Surabaya, Rabu (14/1/2009).

Nantinya, jelas Pramono, koalisi ini akan terus bergulir di daerah-daerah lain hingga tingkat nasional.

Saat disinggung mengenai pasangan capres-cawapres Mega-Yeni, Pramono Anung langsung menepisnya. "Ndak-lah, kenapa bukan Pramono-Yeni," kata Pramono dengan berkelakar.

Nantinya selain dengan pro Gus Dur, kata dia, PDIP akan merangkul partai-partai lain yang memiliki kesamaan visi dan misi dengan PDIP.