Selasa, 27 Januari 2009

Gus Dur Tolak Hadiri Rakernas PDIP Gara-gara JK


Triono Wahyu Sudibyo - detikPemilu
Semarang - Meski diundang Megawati, Gus Dur tidak akan menghadiri Rakernas PDIP di Solo, Jawa Tengah, 27-29 Januari mendatang. Gus Dur tidak suka jika harus bertemu dengan Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla (JK).

"Karena ada JK (Jusuf Kalla)," kata Gus Dur usai memberi sambutan di Kantor PDIP Jateng, Jl Brigjen Sudiarto Semarang, Minggu (25/1/2009).

Puluhan kader PDIP dan rombongan Gus Dur langsung tertawa mendengar jawaban deklarator PKB itu.

"Saya sebetulnya diundang Bu Mega, tapi ya itu saya tidak hadir. Saya ini besar, dia (JK) kecil," urainya enteng.

Gus Dur hadir di kantor partai berlambang banteng moncong putih itu dalam rangka menjalin koalisi lokal sebagaimana dilakukan di Jatim. Ia didampingi Ketua PKB Yusuf Chudori dan beberapa pengurus PKB lainnya.

Usai memberi sambutan, Gus Dur menuju Ponpes At Thorihiyah yang letaknya tak jauh dari kantor PDIP Jateng. Di sana, cucu pendiri NU itu mengikuti istighosah bersama warga nahdliyin.

Sekadar tahu, Gus Dur dan JK seringkali berseteru. Terakhir Gus Dur menggugat JK di PN Jakarta Pusat senilai Rp 1 triliun bulan lalu. Gus Dur menuduh Kalla telah mencemarkan nama baiknya dalam pernyataan di sebuah forum Partai Golkar 9 April 2007. Saat itu JK menceritakan, dia dicopot oleh Gus Dur sebagai kabulog karena menolak permintaan uang dari Gus Dur. Kasus gugatan ini berakhir damai.