Jumat, 16 Januari 2009

Lili Romli: PKB Muhaimin Terpukul 3 Kali


Laurencius Simanjuntak - detikPemilu

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gus Dur telah menyatakan dukungan suaranya kepada PDIP pada Pemilu 2009. Hal ini pun dinilai sebagai pukulan ketiga bagi PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Ini seperti pukulan ketiga buat PKB Cak Imin," ujar pengamat politik LIPI Lili Romli saat dihubungi detikcom, Kamis (15/1/2009).

Lili menjelaskan, pukulan pertama untuk PKB datang dari partai sempalannya, PKNU, yang dipelopori oleh kiai-kiai berpengaruh yang sebelumnya berafiliasi dengan PKB.

"PKNU kan yang mempelopori kiai-kiai Langitan. Kebanyakan di PKB (konstituen) anak-anak muda dan budaya patronalistik masih kental, jadi sangat hormat dengan para kiai" ungkapnya.

Pukulan kedua, lanjut Lili, datang dari konflik internal PKB antara kubu Gus Dur dan Cak Imin yang masih berlangsung hingga kini. "Suara dukungan Gus Dur masih signifikan. Jelas suara PKB Muhaimin akan berkurang," tegasnya.

Lebih jauh Lili menjelaskan, dukungan suara PKB Gus Dur terhadap PDIP juga akan mempengaruhi duel SBY-Mega yang diprediksi bakal terulang di Pilpres 2009. "Ini akan memberikan credit point buat Mega, karena satu elit sudah masuk. Tapi apakah suara NU akan lari ke Mega, belum tentu," tandasnya.