Kamis, 22 Januari 2009

Setelah Jatim, PDIP-PKB Gus Dur Gandeng Tangan di Jateng

Rabu, 21/01/2009 18:23 WIB
Semarang- Koalisi PDIP dan PKB Gus Dur ternyata bukan hanya di Jawa Timur. Meski Yenny Wahid membantah koalisi itu bersifat nasional, namun keduanya kembali berduet di Jawa Tengah.

Ini terlihat dari DPD PDIP Jawa Tengah yang siap mengakomodasi kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kubu KH Abdurrahman Wahid di provinsi ini, untuk mendukung perolehan suara dalam Pemilu 2009.

Ketua DPD PDIP Jateng, Murdoko mengatakan, Ketua Dewan Syura DPP PKB, KHAbdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur telah menyatakan kesanggupannya untuk berkoalisi dengan partai ini.

Hal tersebut, kata dia, akan diwujudnyatakan dalam deklarasi Koalisi Kebangsaan yang akan digelar di Semarang, 25 Januari 2009. Menurutnya, tidak ada tawar menawar atau perjanjian timbal balik antara PDIP dan PKB, dalam koalisi ini.

"Koalisi ini dibangun atas dasar platform yang sama," kata Murdoko yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jateng ini, di Semarang, Rabu (21/1/2009).

Tujuan dibangunnya koalisi ini, kata dia, untuk mendukung perolehan suara PDIP dalam pemilu legislatif. Ia menuturkan, suara kader PKB kubu Gus Dur di provinsi ini akan diarahkan untuk masuk ke PDIP.

"Koalisi ini tidak hanya untuk kepentingan Jateng, tetapi juga PDIP secara nasional. suara PKB Gus Dur akan dititipkan ke PDIP," katanya. Dalam deklarasi koalisi kebangsaan di Semarang pada 25 Januari 2009, kata dia, Gus Dur telah dipastikan hadir.