Rabu, 18 Februari 2009

Pro Gus Dur Ingin Dihabisi di DPR


INILAH.COM, Jakarta - Penggantian Sekretaris Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR Anisah Mahfudz yang dilakukan tanpa alasan dinilai kubu Pro Gus Dur politis. Penggantian tersebut dianggap merupakan bagian dari upaya pembersihan orang-orang Gus Dur di tubuh PKB.

"Iya betul kita memang melihat ini sebagai upaya pembersihan orang-orang Gus Dur. Yang pasti kita akan melawannya," ujar Bendahara PKB Pro Gus Dur, Aris Junaedi, saat berbincang dengan INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (30/1).

Aris menjelaskan, pergantian sekretaris fraksi itu sangat politis. Sebab, berdasarkan rapat fraksi terakhir telah memutuskan bahwa FKB di-status quo-kan (tidak ada perubahan) sampai berakhirnya jabatan anggota DPR. Selain itu, Anisah merupakan salah satu pendukung Gus Dur di FKB.

Pihaknya, kata Aris, akan mengirimkan surat protes atas pergantian tersebut, yang ditujukan kepada Ketua FKB beserta anggotanya, Ketua DPR, dan Wakil Ketua DPR. "Hari ini surat itu kita kirimkan. Ini semua berdasarkan keputusan dari rapat gabungan bersama Gus Dur semalam," jelasnya.

Anisah Mahfudz, sebelumnya mengaku telah menerima keputusan pergantian itu dengan lapang dada. Walau begitu, ia tetap akan menanyakan hal itu ke Abdurrahman Wahid selaku Ketua Umum Dewan Syuro PKB hasil Muktamar Semarang.