Rabu, 18 Februari 2009

PDIP Pilih Gus Dur Daripada Imin


NILAH.COM, Solo - PDIP tidak mengundang PKB yang kini dipimpin Muhaimin Iskandar dalam Rapat Kerja Nasional IV, di Solo, 27-28 Januari 2009. Partai Moncong Putih itu lebih memilih mengundang PKB dari kubu Abdurrahman Wahid.

Ketua Panitia Rakernas IV PDIP Puan Maharani, di Solo, Senin (26/1), mengatakan, PDIP sengaja hanya mengundang Gus Dur dan bukan Muhaimin Iskandar. "Kami memiliki kedekatan dengan Gus Dur, sehingga beliau yang diundang," katanya beralasan.

Ia mengatakan, tidak ada tendensi khusus terhadap tidak diundangnya Muhaimin dalam rakernas ini. "Kami juga memiliki hubungan baik dengan Pak Muhaimin. Namun secara kedekatan kami hanya mengundang Gus Dur agar tidak terjadi permasalahan," kata Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Namun, dalam Rakernas yang akan dibuka oleh Megawati itu, lanjutnya, Gus Dur sudah menyampaikan tidak dapat hadir dalam pembukaan pada hari Selasa (27/1). "Sebagai gantinya, beliau kemungkinan akan mewakilkan kepada putrinya Yenny Wahid," jelas Puan.

Sejumlah tokoh yang telah menyatakan kesanggupannya untuk hadir dalam pembukaan rakernas, di antaranya mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono IX, mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subiyanto, serta mantan Ketua MPR Amien Rais.

"Untuk Pak Hidayat Nur Wahid, kami mengundang Presiden PKS Tifatul Sembiring, sebagai pimpinan partai," katanya.[*/nuz]