Rabu, 18 Februari 2009

FKB: Pembersihan Pro Gus Dur Terlalu Jauh

INILAH.COM, Jakarta - Meski penggantian Sekretaris Fraksi Kebangkitan Bangs (FKB) DPR dinilai politis oleh kubu Pro Gus Dur, namun FKB tidak ambil pusing. Sebab, penggantian itu dianggap memang sudah saatnya dilakukan.

"Penggantian itu sudah biasa dilakukan di fraksi. Itu dilakukan untuk memberi kesempatan pada yang lain dalam proses kepemimpinan," kata anggota FKB Nursyahbani Katjasungkana, saat berbincang dengan INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (30/1).

Menurutnya, tudingan PKB Pro Gus Dur bahwa penggantian itu bagian dari upaya pembersihan orang-orang Gus Dur merupakan tudingan yang tidak berdasar. "Terlalu jauh kalau dikatakan seperti itu. Yang jelas pegantian itu dilakukan karena Anisah Mahfudz sudah satu tahun lebih menjabat," terangnya.

Bendahara PKB Pro Gus Dur, Aris Junaedi sebelumnya mengatakan bahwa penggantian Anisah merupakan bagian dari upaya pembersihan orang-orang Gus Dur dari tubuh PKB Muhaimin Iskandar.

Sementara Anisah mengaku menerima dengan lapang dada penggantian, karena menurutnya hal yang wajar. Namun, menurutnya, keputusan pergantian seharusnya sepengetahuan Abdurrahman Wahid selaku Ketua Umum Dewan Syuro PKB Hasil Muktamar II Semarang bersama Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Dewan Tanfidz PKB.